UEFA Terapkan Aturan Baru Untuk Liga Champions Musim Depan

UEFA Terapkan Aturan Baru Untuk Liga Champions Musim Depan

Mulai musim kompetisi 2018 – 2019, UEFA berlakukan aturan baru untuk kompetisi – kompetisi  dibawah naungannya, yaitu Liga Champions, Piala Eropa, dan Piala Super Eropa, perubahan  ini diumumkan oleh Badan Sepak bola Eropa pada Selasa, keputusan ini dibuat oleh Komite Eksekutif UEFA pada bulan Februari dan Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional pada awal bulan ini.

Mulai musim depan, klub yang mencapai Piala Super dan putaran final Piala Eropa atau Liga Champions akan dapat memiliki 12 pemain pengganti di bangku cadangan, yang berarti klub bisa membawa 23 pemain dalam starting line up mereka, sehingga membuat pelatih mempunyai banyak pilihan pemain yang akan diturunkan. Menurut UEFA, pelatih akan lebih fleksibel mengenai pengganti, dan ini akan memfasilitasi manajemen skuad mereka untuk pertandingan paling penting musim ini.

Selain itu, klub juga bisa mengganti pemain sampai 4 kali jika ada babak tambahan, yang mana pada saat memasuki babak tambahan pergantian pemain keempat tidak akan mempengaruhi tiga pemain yang diganti sebelumnya. Untuk pengganti keempat ini, UEFA telah melalukan ujicoba di kelompok usia di Piala FA musim ini. UEFA juga memperbolehkan klub mendaftarkan tiga pemain baru tanpa syarat apapun di fase knock out,  sehingga kasus –kasus seperti Aubameyang, Philippe Coutinho, dan pemain lainnya tidak akan terulang, hal ini tentu yang paling membuat klub-klub peserta kompetisi UEFA senang.

UEFA juga mengumumkan perubahan jam kick-off pertandingan di fase grup dan fase knock out, yaitu jam kick-off fase knock out Liga Champions akan dimulai pada jam 20.00 waktu inggris, dan fase grup dimulai pada jam 17.55. Sedangkan untuk Piala Eropa dan Piala Super Eropa akan dimulai jam 20.00. Perubahan lainya yang sampaikan UEFA adalah mengizinkan klub – klub yang telah tiga kali juara Piala Eropa secara berturut – turut atau total sudah lima kali juara untuk memasang lencana multi pemenang di lengan baju mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *